Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Sep 3, 2012 in Blog, Featured, Health & Beauty | 0 comments

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Tanpa Obat

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Tanpa Obat

Cara menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit diawali lewat makanan sehari-hari. Tips meningkatkan daya tahan tubuh tanpa obat berikut ini perlu diperhatikan, sebab bukan hanya berpengaruh pada fisik namun juga mental.

Daya tahan tubuh rendah bisa mengakibatkan timbulnya beragam penyakit termasuk autisme, diabetes, penyakit jantung, gangguan kelelahan, kognitif atau neurologis, gagal ginjal dan kanker. Sebaliknya, terjaganya daya tahan tubuh bisa berpengaruh juga pada kecerdasan otak.

Beragam suplemen atau obat penambah daya tahan tubuh tentu mengandung bahan kimia yang keamanannya masih diragukan. Lantas, apa saja makanan penambah imun tubuh yang alami?

1. Kacang dan Biji-bijian
Untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah, kacang dan biji-bijian memiliki perannya. Vitamin E banyak terkandung pada dua makanan ini, yang membantu mendukung respon imunitas tubuh. Hindari junk food dan atau merokok dan konsumsi vitamin E minimal 100 miligram per hari.

2. Bawang Putih
Bawang putih bisa meningkatkan daya tahan tubuh sebab mengandung antifungal (anti jamur) dan antiseptik. Meski banyak yang tak menyukai bawang putih, namun bila dikonsumsi mentah ternyata memiliki khasiat lebih. Diantaranya perlindungan terhadap demam, batuk juga infeksi dada. Ini disebakan bawang putih mengandung banyak vitamin C, B1, dan B6, dan mineral.

3. Gandum utuh
Serat, protein dan anti-oksidan banyak terdapat pada nasi merah, oat dan produk lainnya yang terbuat dari
gandum. Makanan yang satu ini diklaim para ahli diet sebagai peningkat daya tahan tubuh yang hebat bila rutin mengkonsumsinya.

4. Ikan
Asam lemak Omega-3 juga tak kalah penting bagi sistem imunitas. Zat ini terkandung pada beberapa jenis iklan seperti salmon, tuna dan mackerel. Tak hanya memusnahkan bakteri jahat dalam tubuh, asam lemak tak jenuh pun mencegah infeksi. Anak-anak sangat disarankan untuk mengkonsumsi ini, minimal tiga kali seminggu.

5. Buah dan Sayuran
Sumber beragam vitamin tentu ada pada buah dan sayuran. Sehingga nutrisi-nutrisi pada buah juga sayuran sangat
efektif menjaga daya tahan tubuh, seperti vitamin C dan bioflavenoid. Sel darah putih, sebagai pelawan infeksi, bisa ditingkatkan produksinya dengan mengkonsumsi vitamin C. Masukkan jenis makanan ini pada menu harian Anda.

 


Artikel terkait yang mungkin menarik untuk Anda :

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

twitter-widget