Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Sep 21, 2012 in Blog, Health Tools | 0 comments

Cara Mengatasi Suara Serak Secara Alami

Cara Mengatasi Suara Serak Secara Alami

 

Memiliki suara serak tentu menjengkelkan terlebih Anda sedang belajar bahasa baik itu bahasa inggris maupun bahasa asing lainnya. Mengobati suara serak tanpa obat, yaitu dengan bahan-bahan alami bisa dengan mudah Anda lakukan.

Penyebab suara serak yang paling umum ialah iritasi dan cedera pada pita suara atau laringitis akut (peradangan pita suara). Ini dikarenakan infeksi aluran pernapasan, penggunaan berlebihan atau penyalahgunaan suara seperti dari teriakan atau lagu nada tinggi.

Cobalah lakukan hal-hal berikut ini bila suara serak Anda tak kunjung hilang:

1. Ambil napas dalam-dalam
Dengan bernapas dalam-dalam, udara akan mengalir ke diafragma dan menyimpannya di dada bagian atas. Ini berguna agar suara yang keluar terdengar lebih kuat. Bila Anda hanya bernapas pendek, suara justru terdengar lebih lemah dan mendesah.

2. Jangan berteriak atau berbisik
Berteriak atau berbisik hanya membuat tekanan berlebih pada lipatan pita suara serta menegangkan pita suara. Anda perlu berbicara dengan suara normal agar tidak memperburuk kondisi dan hematlah dalam berbicara.

3. Berdiri tegak
Akan ada lebih banyak ruang untuk bernapas bila Anda berdiri dengan postur tubuh tegak, sehingga napas jadi kuat dan suara pun lebih baik. Bila bahu rileks, diafragma pun akan bergerak dengan benar dan menjadikan lebih banyak udara masuk untuk memperjelas suara.

4. Berhenti merokok
Suara serak lebih sering dialami perokok. Ini mungkin disebabkan zat-zat dari asap rokok yang masuk ke saluran pernapasan sehingga mengiritasi. Bila tak ingin suara serak sulit kembali normal, hentikan kebiasaan merokok.

5. Pengobatan alami
Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami dalam mengobati suara serak. Rebus 25 gram daun sirih bersama 1 botol air soda rasa cola hingga mendidih. Angkat lalu saring.

Rebus air dan masukkan 250 gram gula, masak sambil diaduk hingga gula larut dan kental seperti sirup. Angkat dan dinginkan. Masukkan dalam botol dan minum secukupnya sebanyak 3 kali saja.


Artikel terkait yang mungkin menarik untuk Anda :

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

twitter-widget